Ragam Tips Membangun Situs Web Bisnis yang Efektif

ipuipuweb.com – Saat ini, kehadiran online sangat penting untuk bisnis apa pun, bahkan untuk toko fisik yang tidak melakukan e-niaga. Membuat situs web tidak terlalu sulit dengan banyaknya alat pembuatan situs web yang tersedia. Perangkat lunak apa pun yang Anda pilih, ingatlah prinsip-prinsip desain ini.

Jadikan situs Anda responsif seluler.
Responsivitas seluler sangat penting agar situs web menjadi efektif. Orang dewasa Amerika menghabiskan lebih dari lima jam di ponsel mereka setiap hari, sementara lebih dari sepertiga melakukan semua belanja online mereka melalui perangkat seluler. Tak perlu dikatakan, situs web seluler bisnis Anda harus menawarkan pengalaman pengguna yang positif.

Jika calon pelanggan mendarat di situs Anda tetapi merasa sulit untuk membaca atau bernavigasi di perangkat seluler, mereka mungkin akan meninggalkan Anda demi pesaing. Selain itu, pengalaman pengguna seluler yang negatif memengaruhi situs web Anda di peringkat mesin telusur, sehingga mempersulit pengguna untuk menemukan melalui penelusuran Google – yang membawa kita ke poin berikutnya.

Buatlah mudah ditemukan.
Anda memerlukan nama domain yang cocok dengan nama perusahaan Anda atau menggambarkan bisnis Anda dalam beberapa cara. Anda bahkan dapat memiliki beberapa domain yang mengarah ke situs web. Ini berarti menggabungkan praktik terbaik SEO teknis, penelitian kata kunci, pemasaran konten, dan kampanye iklan berbayar untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Tempatkan informasi kontak Anda di paro atas.
Jika bisnis Anda bergantung pada orang yang dapat menghubungi Anda atau menghubungi tim penjualan Anda, letakkan informasi itu di tempat yang mudah mereka temukan.

“Informasi kontak Anda harus terlihat, sebaiknya di bagian atas beranda, sehingga pengunjung tidak perlu mencari nomor telepon atau alamat jika mereka ingin menghubungi bisnis tersebut,” kata David Brown, CEO Web.com.

Jika Anda menggunakan media sosial untuk terhubung dengan pelanggan, letakkan tautan sosial Anda di header atau footer situs web, di tempat yang mudah ditemukan.

Permudah navigasi.
Dan Veltri, salah satu pendiri dan chief product officer Weebly, menyarankan untuk membatasi menu navigasi tingkat atas Anda menjadi lima tab berlabel jelas, dengan halaman terkait diatur di bawahnya. Anda juga harus menawarkan cara yang jelas untuk kembali ke beranda di mana pun pembaca Anda berada. Sangat sering, pencarian Google dapat membawa pembaca Anda ke halaman di situs web Anda selain beranda.

Jaga agar halaman Anda tetap rapi.
Paul Bolls, profesor komunikasi strategis di Missouri School of Journalism, mengatakan bahwa pembaca harus dapat menempatkan informasi dalam konteks. Jika sebuah situs memiliki terlalu banyak informasi, itu membebani pikiran, membuatnya tidak dapat menyimpan informasi baru. Pastikan untuk menggunakan keseimbangan yang baik antara teks dan grafik yang menyajikan halaman yang bersih.

Salah satu cara untuk membuatnya tetap sederhana adalah dengan memotong widget sosial, seperti umpan Twitter di situs Anda. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda menambahkan informasi yang penting bagi pembaca Anda, saran Michael LaVista, CEO Caxy Interactive. Jika konten widget Anda tidak mendukung tujuan halaman, hapus.

Pastikan itu akurat.
Tidak perlu dikatakan bahwa informasi yang tidak akurat akan mematikan konsumen, apakah itu nomor yang salah, informasi produk yang ketinggalan zaman atau kesalahan tata bahasa yang sederhana. Anda tidak hanya harus mengoreksi setiap halaman sebelum ditayangkan, tetapi juga memeriksa setiap halaman secara berkala, terutama setelah melakukan pembaruan di tempat lain.

Hormati kebutuhan akan kecepatan.
Sebuah studi oleh perusahaan pemasaran digital Akamai menemukan bahwa 88,5% pengguna web akan meninggalkan situs web jika memuat terlalu lambat. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk memuat halaman web memengaruhi keputusan pembelian hampir 70% pembeli online.

Pastikan situs web Anda berjalan lancar dengan memperbarui perangkat lunak, mengoptimalkan video dan gambar untuk unduhan yang lebih cepat, dan menggunakan host situs web yang dapat menangani permintaan bandwidth Anda.

Memiliki ajakan untuk bertindak.
Setiap halaman di situs web Anda harus menarik pembaca untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, Anda perlu memberi mereka ajakan untuk bertindak. Laman landas ini harus mendorong pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, seperti menelepon perusahaan Anda, mendaftar ke layanan, membeli produk, mengunduh buku putih, atau melakukan hal lain yang menguntungkan sasaran bisnis Anda. Beri mereka undangan yang nyata untuk mengambil tindakan: tombol, tautan, atau kata-kata yang jelas. Simpan di paro atas jika memungkinkan sehingga pembaca tidak perlu menggulir sebelum menemukan ajakan bertindak.

Buat desain Anda tetap sederhana.
Batasi penggunaan font, warna, dan GIF, yang dapat mengalihkan perhatian dan mengalihkan perhatian dari fokus halaman web. Paragraf pendek dan poin-poin juga membuat informasi lebih mudah dipindai dan cenderung dibaca. Ian Lurie, CEO perusahaan pemasaran internet Portent Inc., menyarankan agar paragraf lebih pendek dari enam baris.

Ini sangat penting dalam hal responsivitas seluler, yang merupakan faktor utama dalam cara Google memberi peringkat situs web dalam algoritmenya. Semakin baik peringkat situs web, semakin tinggi muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP). Jika pesaing ramah seluler dan Anda situs web Anda tidak, Anda bisa terdorong ke bawah dalam hasil pencarian pelanggan Anda.

Bersikaplah pribadi.
Sama seperti bisnis bata-dan-mortir yang banyak berinvestasi di etalase mereka untuk mewakili citra merek mereka, pengecer e-commerce perlu menciptakan pengalaman online berkualitas tinggi sesuai dengan persepsi merek, seperti yang dikatakan Tom Lounibos, salah satu pendiri SOASTA, kepada Business Berita Harian.

Untuk itu, halaman Tentang Kami tidak boleh berupa blok teks kering tentang perusahaan Anda. Emily Brackett, presiden perusahaan desain dan branding Visible Logic, merekomendasikan untuk menyertakan foto diri Anda atau tim Anda yang bagus untuk mempersonalisasi pengalaman pelanggan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Comment